Ini Dia Tips  Apakah TV LED Kamu Sudah Mendukung Teknologi TV Digital atau Belum,? Simak Yuk

(Dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Siaran Analog akan segera dinonaktifkan dan berganti ke Siaran Tv Digital. Dengan adanya perubahan metode penyiaran dari analog ke digital, maka masyarakat sudah diminta oleh pemerintah untuk mempersiapkan Perangkat agar bisa menerima siaran Tv digital. 

    Perubahan ini perlu ada tambahan perangkat agar siaran Tv digital bisa diterima dan ditampilkan di layar Tv seperti Set Top Box Digital atau Tv LED yang sudah mendukung Teknologi TV Digital. 

    Dengan beralihnya siaran Tv Analog ke Siaran Tv Digital yang didukung teknologi yang canggih, gambar jernih dan suara yang bersih, maka teman-teman harus memperhatikan dan menyiapkan perangkat agar bisa menerima siaran tv digital. 

    Dikutip dari digmanao.com, namun sebelum teman-teman membeli Set Top Box Tv digital, sebaiknya kamu ketahui dahulu Tv Led yang kamu miliki, Apakah sudah mendukung Teknologi Tv Digital atau belum, karena sudah ada TV Led yang telah dilengkapi dengan tunner Tv digital sehingga Siaran Tv Digital sudah bisa langsung diterima. Teman-teman Cukup melakukan scan ulang saja dan siaran tv digital sudah bisa disaksikan. 

     Namun jika Tv LED yang kamu miliki belum mendukung Teknologi Tv Digital, maka solusinya teman-teman harus menyediakan STB Tv Digital agar TV LED biasa bisa digunakan untuk menyaksikan siaran Tv Digital. 

Cara Mengetahui TV LED sudah Mendukung Teknologi Siaran Tv Digital 

    Cara Mengetahui sebuah Tv LED sudah support Siaran Tv Digital atau Belum sangat mudah sekali, kamu cukup melakukan pengecekkan hanya menggunakan remote Tv LED. 

Remote TV LED

     Caranya pada Remote Tekan Tombol "Input" maka akan ditampilkan beberapa Sumber Input yang ada di Tv LED, kemudian kamu perhatikan dari Sumber input tersebut jika ada sumber input DTV, maka TV LED sudah mendukung Teknologi Siaran Tv Digital. 

Menu Sumber Input/Source

     Artinya kamu  cukup melakukan scan ulang kembali pada frekuensi sinyal Tv Digital tanpa perlu tambahan STB Digital, siaran Tv digital sudah bisa disaksikan. 

    Karena dalam Tv tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi siaran Tv Digital, dan untuk posisi dari colokkan antena UHF tetap masih di lubang RF Antena yang ada dibelakang Tv. 

Terminal RF Antena

   Kemudian Jika Tv kamu saat ditekan tombol Input pafa remote tapi tidak menampilkan sumber input DTV (Digital Tv), maka kamu perlu tambahan perangkat STB Digital dan Scan sinyal Tv digital yang ada di daerah kamu masing-masing. Untuk Tombol Input, bisa saja namanya berbeda-beda sesuai dengan merk Televisi yang di produksi, karena selain namanya Tombol Input, adanya sebagian Tv menandai dengan nama Tombol "Source". 

      Jadi untuk kamu yang ingin migrasi ke Siaran Tv Digital, sebelum membeli STB/ Set Top Box Tv Digital sebaiknya lakukan pengecekan pada Tv LED, Apakah sudah mendukung Teknologi Siaran Tv Digital atau belum, karna TV LED yang sudah memiliki Teknologi Siaran Tv Digital, tidak perlu lagi menambah STB Tv Digital. 

     Semoga informasi ini bisa kamu jadikan referensi dengan adanya perubahan penyiaran dari Tv analog ke siaran Tv Digital sebelum membeli perangkat STB Digital untuk menerima siaran Tv Digital.***